Jumat, 10 Februari 2012

Mengobati Hati yang Sakit





Hikmah Sufi menawarkan obat untuk hati yang sakit.



1. Zikir, mengingat Tuhan. Zikir adalah bentuk kehadiran hati dalam memohon kepada Tuhan. Tujuan zikir adalah memasukkan “cahaya” ke dalam hati agar hati dapat berfungsi sebagai organ perseptif.



2. Melakukan kontemplasi makna dari kitab wahyu tradisi-tradisi keagamaan dan perkataan orang-orang suci karena semua ini menimbulkan efek pada hati, menghilangkan ilusi-ilusinya, menyembuhkan sakitnya, memulihkan kekuatannya.



3. Mengosongkan perut. Kelebihan makanan dapat mengeraskan hati. Puasa adalah lawan dari kecanduan yang tersembunyi tetapi nyata yang karenanya kita menjadikan menjadikan diri kita mati rasa terhadap pengalaman hati. Jika dengan berpuasa kita menyakiti diri sendiri dengan derita hati, kita menjadi secara emosional lebih perasa dan jujur; barulah hati kemudian dapat disembuhkan.



4. Tetap terjaga dan mendirikan salat malam sebelum terbit matahari. Pada saat pagi buta ini aktivitas dunia menjadi minimal, suasana jiwa menjadi tenang dan kita lebih dapat mencapai kedalaman konsentrasi atas alam bawah sadar kita.



5. Bersahabat dengan orang-orang yang memiliki kesadaran dapat memulihkan keimanan dan kesehatan di hati.



(Kabir Helminski. Hati yang Bermakrifat. Bandung: Pustaka Hidayah, hal.92)

Tidak ada komentar: